Pencuri Motor Tertangkap Berkat GPS

Sabtu , 08 Desember 2018 09:48 | Berita Perusahaan | Dibaca 281 kali

PALEMBANG - Anggota Polres Kota Palembang menangkap seorang pencuri sepeda motor setelah keberadaannya terlacak melalui alat GPS, yakni sistem satelit navigasi untuk penentuan posisi yang terdapat dalam aplikasi telefon pintar (smartphone).

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede mengatakan, pelaku I (20) ditangkap di kediamannya di Desa Anyar, Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Sabtu 6 Agustus malam."Setelah menerima laporan dari korban Mandala (35) warga Perumahan Safir Residen, Kecamatan Seberang Ulu (SU) Palembang, polisi langsung melakukan pengejaran dengan memanfaatkan informasi GPS," kata dia, Senin (8/8/2016).

Penangkapan pelaku, bermula dari laporan korban pada Jumat (5/8) sekitar pukul 05.00 WIB yang menyatakan bahwa motornya Honda Verza warna merah hilang saat diparkir di depan rumah meski dalam keadaan terkunci.

Kemudian, korban langsung melacak keberadaan motor tersebut melalui satelit GPS yang sudah terpasang pada kendaraan.

"Dari hasil pelacakan sendiri diketahui bahwa motor tersebut berada di Kota Kayuagung, Kabupaten OKI, Sumsel," kata dia.

Kemudian korban melaporkan kejadian itu ke Polresta Palembang serta berkordinasi dengan Unit Ranmor Polresta Palembang.

"Kemudian petugas langsung melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku di kawasan Kayu Agung OKI. Pelaku sempat melawan saat ditangkap sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki," kata Maruly.

Atas perbuatan tersebut, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. Berdasarkan penelusuran petugas diketahui bahwa pelaku melancarkan aksi seorang diri menggunakan kunci later T dengan merusak kunci kontak motor.